Penyebab Utama Gangguan Kesuburan Pada Pria

Penyebab Utama Gangguan Kesuburan Pada Pria

Khusus Untuk Pria memperoleh keturunan atau anak, merupakan salah satu tujuan pernikahan. Setiap wanita berbeda. Ada yang gampang hamil, ada juga yang sulit hamil. Banyak kasus terjadi, sekali hubungan seks langsung hamil. Banyak juga yang sudah banyak berhubungan seks secara teratur dalam kurun beberapa tahun, tapi tak kunjung hamil juga.

Faktor Penyebab Sulit Mendapatkan Keturunan

Sudah jamak diketahui, apabila pasangan sulit mendapatkan keturunan, biasanya wanita yang disalahkan. Padahal, kaum pria dan wanita sama-sama berpotensi menjadi penyebab momongan tak kunjung hadir. Dengan kata lain, gangguan kesuburan adalah persoalan pasangan.

Faktanya, dalam 50 tahun terahir tingkat kesuburan pria terus berkurang. Pria saat ini mempunyai tingkat kesuburan separo yang dimiliki pria yang hidup pada dasawarsa 60-an. Gangguan kesuburan pria juga terus menurun sampai dua persen setiap tahunya.

Secara umum, jika pasangan tidak kunjung hamil, sepertiganya karena adanya masalah pada organ reproduksi wanita, sepertiganya karena gangguan pada tubuh  pria dan sepertiganya gabungan dari faktor itu.

Ada bebera faktor penyebab yang membuat sperma tidak bisa membuhai sel telur. Seperti sel sperma berenang lebih lambat, memiliki bentuk abnormal sehingga tidak bisa membuhai sel telur. Penyebabnya faktor genetik dan juga bisa dipicu oleh gaya hidup.

Mutasi genetik yang menyebabkan hilangnya pelapis karbohidrat disekitar sperma akan menguranggi kemampuan berenang sperma. Jika seseorang mewarisi gen mutan dari ayah dan ibunya, mereka akan sulit menghamili.

Obesitas atau kegemukan berlebih, akan mempengaruhi kesehatan tubuh secara umum, termasuk setiap sel-sel pada tubuh. Begitu juga, kesehatan sel spermanya juga akan berpengaruh.

Beberapa pekerjaan yang mengharuskan seseorang pria lebih banyak duduk, menyebabkan jumlah sel sperma berkurang karena meningkatnya temperatur skrotum. Pria pecandu alkohol memiliki sperma normal 30 persen lebih rendah. Gangguan seksual seperti ejakulasi dini berat, akan membuat sel sperma tidak pernah bisa mencapai saluran reproduksi wanita untuk bertemu sel telur.

Salah satu dampak buruk enghisap rokok berkurangnya kemampuan gerak sperma. Faktor gizi juga berpengaruh. Tubuh memerlukan vitamin C, Zink, vitamin E dan beta koroten untuk menghasilkan sperma yang sehat. Paparan toksin atau racun seperti pestisida dan timah, juga bisa merusak sperma, kebiasan memanku lektop sebaiknya di hindari. Satu jam memangku lektop akan menaikan suhu skrotum sampai dua derajat.

Sialnya, penyebab utama gangguan kesuburan pada pria sulit sekali ditentukan. Kabar gebiranya, hampir 70 persen gangguan kesuburan pria bisa diatasi dan bisa disembuhkan.

Sering sekali gangguan kesuburan atau infertilitas diangap sebagai suatu kelainan. Padahal infertilitas adalah suatu penyakit pada sistim produksi manusia. Akibat yang ditimbulkan bisa fata, yakni terjadinya kemandulan.

Untuk mengetahui gangguan kesuburan pada pria, dapat dilakukan konsultasi dan pemeriksaan fisik, Usg, Hsg, dan analisis sperma. Bahkan jika diperlukan, dapat dilakukan histeroskopi, laparoskopi dan labotarium hormon, imunologi dan genetik.

Konsultasi kesuburan Penyebab Sulit Mendapatkan Keturunan

Penting dilakukan atau konsultasi kepada dokter seputar masalah kesuburan. Periksa  minimal satu tahun setelah menikah, bila telah melakukan hubungan seksual secara teratur tetapi belum mendapatkan keturunan juga. Tapi, kalau wanitanya sudah di atas 35 tahun dan ada riwayat infeksi, endometriosis dan gangguan haid, meningkah enam bulan aja sudah harus langsung diperiksa. Jika terlambat akan berakibat fatal.

Pemeriksaan kesuburan harus difokuskan pada pasangan, bukan suami atau istri saja. Mereka harus datang bersama pada setiap melakukan pemeriksaan gangguan kesuburan. Agar dia mengerti tentang penjelasanya, pilihan dan ajuran yang diberikan serta mendapatkan kesempatan yang sama untuk bertanya langsung. Riwayat gangguan dan pernanganan medis sebelumnya, sangat diperlukan untuk penentukan masalah yang dialami dan pengobatan yang akan diberikan.

Konsultasi yang teratur akan memberikan kesempatan pada dokter untuk meninjau ulang dan mengupas hasil pemeriksaan serta bisa menentukan pengobatan lebih lanjut. Pemeriksaan gangguan kesuburan dimulai dengan pertanyaan rinci tentang riwayat kusuburan dan kesehatan serta pemeriksaan fisik secara umum terhadap suami istri.

Kemudian dokter sudah bisa menganjurkan  pola hidup sehat yang menunjang kesuburan , memberikan nasihat bersengama seks yang baik, membuat perencanaan pemeriksaan selanjutnya dan menunggu hasilnya.

Kelainan organ reproduksi sebagai salah satu faktor penyebab gangguan kesuburan. Umumnya dapat terjadi dimasa balita, premaja 10-12 tahun dan masa remaja 13-18 tahun, bisa segera diketahui dan sebagian besar bisa ditangani secara medis.

Infertilitas atau gangguan kesuburan, jika pasangan suami istri sudah melakukan hubungan seks secara teraur selama 1-2 tahun tanpa mengunakan alat kontrasepsi, tetapi belum juga hamil juga. Faktor penyebabnya bisa dari suami atau istrinya dan atau dari keduanya.

Memilik sperma yang banyak ternyata bukan jaminan bagi seorang pria bisa membuahi seorang wanita. Bahkan tak jarang  sperma yang ada lemah, bahkan mandul. Beberapa faktor penyebab sperma lemah adalah stress, emosi yang tidak terkontrol, makanan yang tidak sehat, kurangnya hormon estrogen, penyakit diabetes atau jantung, hingga lingkunggan yang memungkinkan terpapar zat-zat kimia yang membahayakan.

mudah-mudahan artikel yang kami tulis dengan judul Penyebab Utama Gangguan Kesuburan Pada Pria bermanfaat bagi pembaca dan bermanfaat bagi yang belum punya momongan tau apa yang harus dilakukanya.

Baca juga artikel Kesehatan Seksualitas Pria: Cara Mencegah Prilaku Seks Bebas