Manfaat Mandi Air Dingin

Manfaat Mandi Air Dingin

Segala sesuatu, memiliki ukuranya masing. Sesuatu yang kurang atau berlebihan itu tidak baik. Seperti mandi air hangat yang tidak baik untuk tubuh misalnya. Mengapa sering mandi hangat iar hangat bisa merusak tubuh? Hal tersebut dikarnakan air panas ternyata membuat kulit kering dan mudah keriput. Mengapa mandi air hangat bisa membuat kulit kering? Hal itu dikarnakan air panas dapat meluruhkan minyak alami yang terdapat pada kulit.

Sekali waktu, Anda harus mencoba mandi dengan air dingin. Karena dilain pihak, meskipun terkesan menyeramkan bagi sebagian orang, mandi air dingin ternyata memberikan banyak manfaat. Berikut ini adalah beberapa manfaat mandi iar dingin, yaitu sebagai berikut:

A. Bembantu Sirkulasi Darah

Kita sudah tau bahwa salah satu manfaat dari air hangat adalah untuk membantu  mengalirkan darah ke kulit. Tapi taukah Anda bahwa air dingin juga dapat membantu melancarkan sirkulasi darah? yaitu dengan  cara mengalirkan darah ke organ-organ tubuh. Ketika tubuh mengalami perubahan antara panas dan dingin, maka perubahan ini akan memicu sirkulasi yang lebih baik dalam darah, dengan memaksa darah untuk terus bergerak. Adapun cara untuk mendapatkan manfaat dari air dingin adalah dengan cara mengubah air panas dan dingin beberapa kali, dan mengakhiri mandi dengan air dingin untuk membantu sirkulasi darah tersebut.

B. Membuat Wajah Berkilau

Sebelum membersihkan wajah Anda, biasakan untuk mencuci wajah Anda dengan air hangat, karena aie hangat tersebut bisa membuka pori-pori di wajah Anda, Sehingga kotoran akan mudah keluar. Setelah itu, bilaslah dengan air dingin sehingga pori-pori akan tertutup. Dengan demikian, tidak akan ada kotoron atau debu yang menempel di wajah Anda.

C. Tubuh Lebih Bugar

Ketika Anda mengawali aktivitas pagi hari Anda dengan mandi dengan air dingin, maka secara tidak langsung Anda telah membangun sel-sel syaraf untuk beraktivitas. Sehingga Anda meliwati pagi hari Anda dengan mandi air dingin terlebih dahulu, maka tubuh Anda secara otomatis dapat melawan hawa dingin. Sebaliknya, setelah Anda beraktivitas, mandilah dengan air hangat agar tubuh menjadi rileks.

Baca juga berita kesehat: Manfaat Mandi Air Hangat